Headlines News :

Sabtu, 20 Juli 2013

APA ITU OBAT HERBA?



Pengertian Herba Obatan ( Tumbuhan Obat )
 

Pada awalnya tumbuh-tumbuhan yang dijadikan obat sering dikaitkan dengan tumbuhan yang tidak berkayu, akan tetapi tumbuhan obat kini telah merujuk kepada tumbuh-tumbuhan yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat digunakan untuk tujuan terapeutik, seperti:

1.    Mengkudu Hutan / Morinda Citrifolia yang mengandung morindin sebagai bahan anti kanker.

2.    Pegaga ( Centela asiatica ) yang mengandung asiaticoside yang berguna untuk masalah kulit dan meningkatkan minda ( IQ )

3.    Ilalang ( imperata Cylindrica ) yang mengandung lebih dari 20 jenis bahan aktif yang berkesan dalam merawat masalah ginjal /buah pinggang, batu karang, merawat syaraf, demam batuk dan sebagainya. Akar ilalang juga mengandung stigmasterol dan Betasitisterol yang berfungsi sebagai anti hypertensi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Klasifikasi Herba Obatan ( Tumbuhan Obat )

            Herba obatan ( tumbuhan obat ) dalam perubatan jawi dikelompokan atau diklasifikasikan  berdasarkan cita rasa dan sifat herba pada 3 jenis herba mengikuti tujuan pengubatan, yaitu :

1.    Herba Pahit

2.     Herba Sejuk ( Dingin )dan

3.    Herba Panas.

Herba Pahit adalah herba yang melakukan proses detoksifikasi atau penghilangan racun dalam tubuh terutama di hati. Contoh herba pahit adalah pokok empedu bumi ( Endrogapisn Paniculata ) atau Andrographis Centela. Herba pahit perlu disinergikan dengan herba yang mempunyai sifat melawaskan atau melancarkan pembuangan air besar. Bagi pesakit penderita buah pinggang yang telah menggunakan mesin Hemodilisis perlu hati-hati jika menggunakan herba jenis ini.

Herba dingin ( sejuk ) artinya herba yang bisa membuang haba ( tenaga badan ) yang berlebihan dibadan, biasanya herba-herba jenis ini mengeluarkan panas melalui urin ( air kencing . tindakan seperti ini disebut juga diuretic yaitu dengan mengeluarkan air kecil, haba (tenaga ) dalam badan akan distabilkan.

Herba panas adalah herba yang diberikan kepada penyakit yang sejuk atau dingin. Kebanyakan herba panas berasal dari jenis herba yang mempunyai minyak meruap atau minyak asiri ( Cinnamomum iners/teja). Gejala sejuk atau dingin sering dihubungkan dengan masalah angin dalam tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. rumah sehatku - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template